Senin, 19 Januari 2015

10 Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon

10 Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Hutan Amazon adalah hutan hujan di Amazon, Amerika Selatan. Wilayah ini, yang juga disebut Amazonia atau Amazon Basin, meliputi wilayah seluas tujuh juta kilometer persegi, walaupun hutannya sendiri seluas 5.5 juta kilometer persegi, terletak di sembilan negara yaitu Brasil ( dengan 60 persen hutan ), Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Perancis.

Amazon juga termasuk hutan tropis paling luas di dunia dan memiliki dua nama lain yaitu paru-paru dunia, karena menghasilkan 30% dari seluruh oksigen di Bumi dan neraka hijau karena setiap tahun sungainya meluap. Lebatnya hutan membuat semua terlihat sama dan yang terakhir karena banyak serangan dari serangga buas yang sebagian besar belum dinamai. 30% dari jumlah seluruh binatang dan setengah dari seluruh spesies tanaman ada di hutan ini. Oleh karena hutan ini masih jarang terjamah oleh tangan-tangan manusia, banyak makhluk hidup yang unik dan jarang ditemui. 

Berikut adalah 10 Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon :


1. Katak beracun

Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon


Katak ini memang memiliki warna yang indah dan menarik. Tetapi, mereka tergolong hewan yang paling beracun di dunia. Pada beberapa spesies, racunnya sangat tinggi, sehingga jika seseorang menyentuhnya saja, dapat tewas seketika.


2. Semut peluru

Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon

Nama yang cukup aneh untuk seekor semut. Semut peluru ini bukan sembarang semut. Ukuran semut ini lebih besar dibandingkan semut yang ada di rumah-rumah. Dia dapat menyengat seperti seekor tawon. Alasan diberi nama semut peluru tidak diketahui jelas, mungkin karena ukurannya yang seperti peluru, atau karena sakitnya gigitan serangga ini sama seperti daging yang tertembus peluru. Selain itu, semut ini juga diberi nama semut 24 jam, karena rasa sakit dari gigitannya membutuhkan waktu 24 jam untuk hilang.


3. Katak kaca

Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon

Uniknya katak ini, Mungkin sebagian dari kamu akan merasa jijik jika melihat katak kaca ini. Hal itu dikarenakan, seluruh bagian dalam tubuhnya akan terlihat dari luar, karena kulitnya yang transparan. Itulah sebabnya, katak ini disebut sebagai katak kaca.


4. Kadal Basilisk Common

Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon

Hewan unik ini diberi nama lain Jesus Lizard karena reptil ini mampu berlari di atas air ketika diburu oleh pemangsa. Jari kaki kadal ini memiliki selaput sehingga dia bisa menciptakan permukaan yang lebih luas saat menapak di atas air serta memiliki kantong air untuk meningkatkan tegangan pada permukaan.


5. Ikan candiru

Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon

Meski ikan ini kecil, tapi dia adalah hewan yang berbahaya. Ikan yang berbentuk seperti pensil dan sering pula disebut sebagai ikan tusuk gigi ini, dapat berenang masuk ke dalam saluran urogenital manusia. Untuk mengeluarkan ikan kecil ini, orang tersebut harus dioperasi melalui pembedahan pada saluran tersebut.


6. Belut listrik

Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon

Belut listrik ini mampu menghantarkan listrik berkekuatan ratusan volt. Selain untuk melumpuhkan mangsanya, listrik pada tubuhnya itu juga dimanfaatkannya ketika mereka membutuhkan pencahayaan lebih, karena mereka sering tinggal di dalam air sungai yang keruh.


7. Potoo

Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon

Potoo adalah sejenis burung yang senang bertengger pada batang pohon yang sudah kering dan mati. Warna bulunya yang mirip dengan batang pohon tersebut bisa sangat membantunya dalam menyamar dan menghindari serangan para predatornya.


8. Kelelawar pemancing

Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon

Kelelawar pemancing ini adalah spesies terbesar dalam kelas kelelawar. Kegemaran dari hewan ini adalah memangsa ikan layaknya orang yang gemar memancing, kelelawar pemancing ini langsung menukik tajam dan langsung menancapkan cakar tajamnya pada ikan yang membuat riak pada permukaan air sungai.


9. Piranha

Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon

Piranha adalah ikan air tawar omnivora yang hidup di sungai Amazon. Di sungai-sungai Venezuela, mereka disebut caribes. Mereka terkenal dengan gigi tajam dan pemakan daging. Sudah beberapa kasus terjadi dimana manusia diserang oleh piranha dan membuat kematian. Mengapa mereka mematikan adalah karena mereka yang selalu bergerombol. Jika Cuma satu mungkin tidak begitu berbahaya, cuman bagaimana jika bergerombol? Tubuh anda bisa dihabisi dalam hitungan menit.


10. Arapaima

Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon

Arapaima (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram. Dan ini bukan merupakan Arwana Brazil, karena berbeda. Saat ini sudah sangat jarang terdapat arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter karena ikan ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain.


Sumber : kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar