Minggu, 11 Januari 2015

10 Jenis Kembar Yang Wajib Kamu Tahu

10 Jenis Kembar Yang Wajib Kamu Tahu - Kelahiran kembar jarang terjadi pada manusia dan dapat muncul dengan kondisi yang berbeda. Kembar tidak hanya berarti tampak sama. Ada banyak bentuk kembar dengan berbagai perbedaan. Menurut studi, variasi ini kembar dapat terjadi akibat kelompok ras yang berbeda atau kelas sosial yang berbeda. Beberapa jenis kembar hanya terjadi pada perbandingan yang kecil dari sekian banyak kelahiran.

Berikut adalah 10 Jenis Kembar Yang Wajib Kamu Tahu :


10. Kembar Siam

Jenis Kembar Yang Wajib Kamu Tahu


Kembar siam merupakan kembar identik yang tidak terpisah sepenuhnya pada saat sel telur membelah. Saat mereka lahir, tubuh mereka pun masih bergabung. Biasanya bayi kembar siam meninggal sewaktu dilahirkan atau jika selamat, mereka memiliki kondisi kelainan seperti jantung, jaringan, organ, atau bagian tubuh lainnya yang bergabung. Kembar siam tidak dapat terjadi pada pasangan berlainan jenis. Kembar siam pastilah dua-duanya perempuan atau laki-laki. Kembar siam hanya terjadi dengan perbandingan 1:50.000 kehamilan.


9. Kembar Setengah Identik

Jenis Kembar Yang Wajib Kamu Tahu

Merupakan kondisi kembar yang sangat langka di mana bayi kembar memiliki gen yang dari sang ibu tapi gen yang berbeda dari sang ayah. DNA mereka tidak mirip 100% tetapi fisik mereka sangat mirip. Mereka bisa berasal dari dua sel telur yang diinseminasi dengan sperma yang terpisah.


8. Kembar Monozigot

Jenis Kembar Yang Wajib Kamu Tahu

Berasal dari kata mono yang berarti tunggal dan zigot yang berarti telur yang dibuahi. Dengan kata lain, kembar monozigot berasal dari satu sel telur dan satu sel sperma yang kemudian terbagi menjadi dua embrio. Embrio ini kemudian membentuk janin yang terpisah. Kembar monozigot memiliki DNA identik dengan jenis kelamin yang sama, ciri-ciri fisik yang sama, bahkan kepribadian yang hampir sama. Kembar monozigot juga berbagi plasenta yang sama tapi memiliki kantung ketuban yang terpisah. Kembar jenis ini hanya terjadi pada perbandingan 3:1000 kelahiran.


7. Kembar Dizigot

Jenis Kembar Yang Wajib Kamu Tahu

Berarti dua sel telur yang dibuahi. Terbentuk dari dua sel telur yang menyatu dan dibuahi dua sperma yang terpisah sehingga terbentuk dua zigot. Kembar dizigot tidak berbagi gen yang sama. Mereka terjadi ketika dua atau lebih telur dilepaskan dalam satu siklus dan jika keduanya dibuahi, mereka menghasilkan kembar dizigot. Kembar jenis ini bisa mempunyai jenis kelamin yang sama atau berbeda. Kembar jenis ini memiliki plasenta dan ketuban sendiri-sendiri.


6. Kembar Refleksi Cermin

Jenis Kembar Yang Wajib Kamu Tahu

Terbentuk ketika sel telur terlambat terpisah setelah dibuahi. Kembar ini memiliki gen yang identik tapi memiliki sedikit perbedaan fisik. Kembar jenis ini memiliki perbedaan fisik bahkan kepribadian yang berlawanan seperti cermin. Mereka akan terlihat mirip jika berdiri saling berhadapan seperti cermin.


5. Kembar Parasit

Jenis Kembar Yang Wajib Kamu Tahu

Dikenal juga dengan kembar siam asimetris di mana jaringan kembar yang rusak (parasit) bergantung pada sistem kardiovaskular dari kembar lainnya. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kembar yang lain melekat pada tubuh kembar yang lain saat dilahirkan. Kembar parasit mesti diobati atau dipisah. Jika tidak, selamanya tubuh kembar yang sehat akan ditempeli tubuh kembar yang tak sempurna.


4. Kembar Superfetasi

Jenis Kembar Yang Wajib Kamu Tahu

Adalah istilah yang digunakan di mana janin terbentuk saat janin lainnya sudah berada di dalam rahim. Hal ini dapat terjadi ketika dua siklus menstruasi melepaskan sel telur yang berbeda. Kembar superfetasi umum terjadi di antara hewan namun jarang terjadi pada manusia. Risiko dari kembar ini saat dilahirkan adalah bayi kedua lahir prematur atau memiliki gangguan pada paru-paru.


3. Kembar Fraternal /Kembar Beda Ayah

Jenis Kembar Yang Wajib Kamu Tahu

Dibentuk oleh hiperovulasi yang melepaskan beberapa telur dalam satu siklus. Kembar jenis ini dapat terjadi jika sel telur dibuahi oleh sperma dari pasangan pria yang berbeda. Sel telur akan hidup selama 48 jam setelah dilepaskan ke rahim. Kembar jenis ini biasa terjadi pada anjing dan kucing dan sangat jarang terjadi pada manusia.


2. Kembar Berbeda Hari Lahir

Jenis Kembar Yang Wajib Kamu Tahu

Kebanyakan kembar berbagi ulang tahun yang sama karena mereka dilahirkan bersama-sama. Tapi ada kasus-kasus ketika kembar berbagi hari ulang tahun yang berbeda. Hal tersebut dapat terjadi ketika interval kelahiran tertunda saat salah satu kembar yang lain sudah dilahirkan. Beberapa kembar dilahirkan pada tengah malam sehingga memiliki tanggal lahir yang berbeda. Namun beberapa kembar jenis ini yang lain dilahirkan pada hari, minggu, bahkan bulan yang berbeda.


1. Kembar Berbeda Ras

Jenis Kembar Yang Wajib Kamu Tahu

Dapat terjadi apabila orang tua mereka dari ras campuran sehingga ketika sel sperma dan sel telur menyatu, campuran kode genetik pun terjadi. Lebih dapat diamati jika orang tuanya memiliki warna kulit yang berbeda. Anak kembar yang dihasilkan dapat memiliki gabungan ras kedua orang tuanya. Kembar jenis ini hanya terjadi pada 1:1.000.000 kelahiran.


Sumber : liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar